Main Menux

Tips Memilih Head Unit Terbaik Untuk Mobil Kamu

Tips Memilih Head Unit Terbaik Untuk Mobil Kamu

Head Unit atau yang biasa dikenal dengan tape / audioplayer mobil, merupakan sumber multimedia yang umumnya terletak pada bagian dashboard mobil. Head Unit sendiri terbagi menjadi 2 macam, yaitu :
1. head unit 1din ( single din)
2. head unit 2din ( double din)

Head Unit 2din umumnya memiliki layar umumnya berukuran 6.8 inch hingga 7 inch. Namun seiring berkembangnya teknologi, kini baik head unit 1din maupun 2din dilengkapi dengan layar hingga berukuran 10 inch.

Tidak dapat dipungkiri lagi, kini head unit menjadi bagian terpenting untuk pengguna mobil terutama di kota metroplitan sebagai sumber media hiburan didalam mobil. Seolah kurang puas bila hanya dengan memutar radio dan CD saja, melainkan banyak sekali fitur modern yang bisa kamu nikmati mulai dari support kamera mundur, streaming musik dari smartphone, hingga streaming video langsung dari head unit yang tidak mereka dapatkan pada beberapa head unit standard bawaan mobil mereka

Ada banyak sekali brand dan type head unit yang menawarkan fitur fitur yang mewah dan berlimpah tentunya dengan harga yang sangat bervariatif, tentu hal ini tidak sedikit pengguna mobil ketika ingin upgrade head unit standard bawaan mobil mereka. Berikut tip dan trik yang perlu kamu ketahui sebelum upgrade head unit standard bawaan mobil kamu versi SM Audio Bros :

1. PILIH HEAD UNIT BERDASARKAN KEBUTUHAN

Pada opsi pertama kali ini, SM Audio Bros akan kasih tips untuk kamu dalam memilih head unit yang cocok untuk kamu. Biasanya kami membagi 2 kategori untuk head unit, yaitu :

  • Head Unit Dengan Fitur Audio Lengkap ( Branded )
    Selain fitur basic yang didapatkan dari head unit ini seperti support kamera mundur, support konek ke remote steer, fitur unggulan dari head unit ini yaitu memiliki settingan audio yang lengkap seperti built in power mosfet, Equalizer, Passive Crossover hingga Digital Time Alignment yang akan membuat audio dimobil kamu secara otomatis akan ikut terupgrade.

Untuk beberapa seri tinggi dari head unit ini, kamu juga bisa mendapatkan fitur multimedia unggulan loh, seperti Screen Mirroring, Apple Car Play dan Android Auto. Head unit ini sangat cocok menjadi pilihan kamu apabila kamu ada rencana untuk upgrade audio mobil kamu juga ya. Pilihan untuk head unit ini ada brand : Pioneer, Kenwood, Alpine.

Kenwood DMX9720XDS
  • Head Unit Fitur Multimedia Yang Lengkap ( Non Branded )
    Head Unit ini umumnya terdiri dari brand China maupun Taiwan. Hal yang paling menonjol dari keunggulan head unit ini ialah operating system Android yang paling digemari belakangan ini. Selain dengan penggunaan yang mudah beberapa type dari head unit ini bahkan sudah dilengkapi dengan TV Tuner untuk streaming acara TV Favorit langsung dari head unit. Head unit cocok untuk mobil keluarga atau kamu yang menginginkan hiburan lebih didalam mobil. Contoh dari Brand head unit ini seperti : Asuka, Mirai, Enigma, Tokio
ASUKA XP-10DSP

2. PILIH HEAD UNIT SESUAI BUDGET

Tips yang kedua adalah sesuaikan kebutuhan dan keinginan head unit kamu dengan budget yang ingin kamu keluarkan. Terkadang, head unit yang over budget sekalipun bisa tidak sesuai ekspetasi kamu karena fitur dan spesifikasi tidak sesuai dengan keinginan kamu. Jadi, sebelum memilih head unit, pastikan kembali dengan benar ya, apa tujuan kamu untuk mengupgrade head unit standard bawaan mobil kamu

3. PILIH HEAD UNIT YANG FIT UNTUK MOBIL KAMU

Dalam hal ini, ada beberapa kasus ketika head unit yang kamu inginkan baik fitur, spesifikasi dan harga sudah sesuai dengan budget kamu, namun ada satu penghalang yang tidak dapat dipasang dimobil kamu dikarenakan bentuk head unit yang tidak pas dengan dashboard mobil setelah dipasang. Untuk beberapa Brand dan type mobil ada yang membutuhkan frame atau panel tambahan supaya bisa tetap terlihat oem look atau seperti head unit original bawaan mobil kamu setelah mengupgrade head unit standard bawaan dengan head unit after market. Jadi, pastikan terlebih dahulu ya apakah mobil kamu bisa upgrade head unit atau tidak.